(
Info Delegasi
Pengadilan Tinggi
Logo PENGADILAN NEGERI TEMANGGUNG KELAS IB

Mahkamah Agung Republik Indonesia

PENGADILAN NEGERI TEMANGGUNG KELAS IB

Jl. Jend.Sudirman No.180 Kowangan, Kec. Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56218

Email: pn.temanggung@gmail.com


Logo Artikel

DASAR HUKUM REGULASI PENGADUAN

Info Delegasi

Notice: Undefined property: stdClass::$contactid in /home3/pntemang/public_html/tmg/templates/templatepn/classes/ArtxContentSingleArticle.php on line 79

Dasar Hukum / Regulasi Pengaduan


Notice: Only variables should be assigned by reference in /home3/pntemang/public_html/tmg/templates/templatepn/functions.php on line 644

Formulir Pengaduan

I.   PENGADUAN MELALUI SURAT
       
Materi yang dapat diajukan sebagai pengaduan antara lain sebagai berikut :
       1. Pelanggaran terhadap kode etik dan/atau pedoman prilaku hakim;
       2. Penyalahgunaan wewenang/jabatan;
       3. Pelanggaran sumpah jabatan;
       4. Pelanggaran terhadap peraturan disiplin pegawai negeri sipiul atau peraturan disiplin militer.
       5. Perbuatan tercela, yaitu perbuatan amoral, asusila, atau perbuatan yang tidak selayak nya dilakukan oleh seorang aparat
           lembaga peradilan,maupun selaku anggota masyarakat;
       6. Pelanggaran hukum acara, baik dilakukan dengan sengaja, maupun karena kelalaian dan ketidakpahaman;
       7. Mal administrasi, yaitu terjadinya kesalahan, kekeliruan atau kelalaian yang bersifat administratif;
       8. Pelayanan publik yang tidak memuaskan yang dapat merugikan pihak-pihak yang berkepentingan serta masyarakat secara umum.
       
       SYARAT DAN TATA CARA PENYAMPAIAN PENGADUAN
       A. 
Disampaikan secara tertulis
           
1. Pengaduan hanya dapat diterima dan ditangani oleh Mahkamah Agung, Pengadilan Tingakat Banding dan Pengadilan Tingkat
               Pertama apabila disampaikan secara tertulis oleh pelapor;
           2. Pelapor dianjurkan untuk menggunakan formulir khusus untuk menyampaikan pengaduanya, baik dalam bentuk cetak maupun
               elektronik di situs resmi Mahkamah Agung;
           3. Dalam hal Pelapor memiliki kesulitan untuk membaca dan menulis, petugas di Mahkamah Agung atau pengadilan akan membantu
               menuangkan pengaduan yang ingin disampaikan pelapor secara tertulis dalam formulir khusus pengaduan;
       
       B. Menyebutkan Informasi yang jelas
           
1. Untuk mempermudah penanganan dan tindak lanjut terhadap pengaduan yang disampaikan, pelapor diharapkan dapat menyebutkan
               secara jelas informasi mengenai :
               a. Identitas Aparat yang dilaporkan, termasuk jabatan, serta satuan kerja atau Pengadilan tempat Terlapor bertugas;
               b. Perbuatan yang dilaporkan;
               c. Nomor perkara, apabila perbuatan yang diadukan berkaitan dengan pemeriksaan suatu perkara; dan
               d. Menyertakan bukti atau keterangan yang dapat mendukung pengaduan yang disampaikan. Bukti atau keterangan ini termasuk
                   nama, alamat dan nomor kontak pihak lain yang dapat di mintai keterangan lebih lanjut untuk memperkuat pengaduan pelapor.
       
           2. Pelapor sedapat mungkin diharuskan untuk mencantumkan identitasnya, namun demikian selama informasi dalam pengaduan yang
               disampaikan benar dan memiliki dasar yang kuat, pengaduan yang tidak mencantumkan identitasnya akan tetap ditindaklanjuti oleh
               Mahkamah Agung.
       
       C. Tata Cara Pengiriman
       
     1. Pengaduan ditujukan kepada :
                a. Ketua atau Wakil Ketua pada Pengadilan Tingkat Pertama atau Pengadilan Tingkat Banding dimana Terlapor bertugas; atau
                b. Ketua atau Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, atau Ketua Muda Pengawasan dengan tembusan kepada Kepala
                    Badan Pengawasan.
       
                Apabila pengaduan dikirimkan melalui pos dalam amplop tertutup, maka harus disebutkan secara jelas bahwa isi amplop tersebut
                adalah pengaduan dengan menuliskan kata “ PENGADUAN pada Pengadilan “ pada bagian kiri atas muka amplop tersebut.
       
       DPenanganan Pengaduan melalui Pengadilan Negeri
           
 1. Pengaduan diterima oleh Meja Pengaduan, dan petugas Meja Pengaduan akan mencatat berkas pengaduan, memberitahukan ke
                Panmud Hukum dan menyampaikan tanda terima kepada Pelapor ;
            2. Panmud Hukum akan meneliti dan melaporkan kepada Ketua Pengadilan Negeri ;
            3. Ketua Pengadilan Negeri akan meneliti mengenai kewenangan :
                -  Dalam hal Pengadilan Negeri berwenang menangani pengaduan dimaksud, Wakil Ketua Pengadilan Negeri akan
                   meneliti/membaca berkas pengaduan, memeriksa hasil penelaahan dan Ketua Pengadilan Negeri akan membuat surat tugas untuk
                   Tim Pemeriksa dan, Tim Pemeriksa akan memeriksa Pelapor dan Terlapor serta membuat, menandatangani BA Pemeriksaan dan
                   melaporkan hasil pemeriksaan ;
                -  Ketua Pengadilan Negeri akan membuat rekomendasi ;
                -  Dalam hal Pengadilan Negeri tidak berwenang, Ketua Pengadilan Negeri meneruskan kepada Ketua Pengadilan Tinggi, dan Ketua
                   Pengadilan Tinggi akan meneliti kembali mengenai kewenangan, Dalam hal tidak berwenang akan meneruskan Pengaduan ke
                   HATIWASDA / BAWAS MA RI;
       
  HAK-HAK PELAPOR
  
Hak pelapor :
       
1.  Mendapatkan perlindungan kerahasiaan identitasnya;
       2.  Mendapatkan kesempatan untuk dapat m,emberikan keterangan secara bebas tanpa paksaan dari pihak manapun;
       3.  Mendapatkan informasi mengenai tahapan laporan pengaduan yang didaftarkannya;
       4.  Mendapat perlakuan yang sama dan setara dengan terlapor dalam pemeriksaankan.
       
II.  PENGADUAN MELALUI WEBSITE
      
Berikut langkah-langkah pengaduan di website siwas yang dapat andak akses di https://siwas.mahkamahagung.go.id/ 
      1.  Klik tombol "Login", lalu isikan Username dan Password Anda.
      2.  Jika Anda belum terdaftar, klik tombol Register, isikan data diri Anda
      3.  Buat Nama Samaran (username) dan Kata Sandi (password) yang anda ketahui sendiri
      4.  Gunakan nama yang unik dan tidak menggambarkan identitas anda
      5.  Setelah anda register anda dapat login dan melakukan pelaporan
      6.  Setelah anda login anda dapat mengklik menu Pengaduan, kemudian klik Tambah Laporan Pengaduan,
      7.  Perhatikan baik-baik beberapa hal di bawah ini :
           -  Semua kotak yang diberi tanda (*) wajib diisi.
           -  Pastikan informasi yang diberikan sedapat mungkin memenuhi unsur 4W + 1H (What, Where, When, Who, How).
           -  Jika anda memiliki bukti dalam bentuk file seperti foto atau dokumen lain, silahkan dilengkapi di halaman pengaduan.
           -  Pengaduan yang Anda sampaikan akan ditindaklanjuti setelah anda melengkapi proses pengaduan dan menekan tombol konfirmasi
              pada form pengaduan.
       
       Pengaduan juga dapat disampaikan melalui: 
       1.  Layanan Pesan Singkat (SMS) Ke Nomor 085282490900 dengan format :
            nama pelapor#nip/no.identitas pelapor#nama terlapor#satuan kerja terlapor#isi pengaduan
       2.  Surat elektronik (e-mail) ke Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.  
       
3.  Telpon/Fax ke -> (021) 29079274
       4.  Meja Pengaduan Badan Pengawasan MA RI dan atau Meja Informasi di Pengadilan
       5.  Surat, kirim ke Kepala Badan Pengawasan MA RI Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 By Pass Cempaka Putih Timur Jakarta Pusat – 13011
            Atau Kotak Pengaduan Pada Badan Pengawasan


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas

TUTUP
Iklan-Admin